Sabtu, 02 November 2013

KONSEP TUMBUH KEMBANG PADA ANAK

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Istilah tumbuh kembang sebenarnya mencakup dua peristiwa yang sifatnya berbeda, tetap saling berkaitan dan sulit dipisahkan yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Setiap orangtua tentu berkeinginan agar anaknya dapat tumbuh kembang optimal, yaitu agar anaknya dapat mencapai pertumbuhan dan perkembangan yang terbaik sesuai dengan potensi genetik yang ada pada anak tersebut. Hal ini dapat tercapai apabila kebutuhan dasar anak ( asah, asih, dan asuh ) terpenuhi. Kebutuhan dasar anak harus dipenuhi yang mencakup imtaq, perhatian, kasih sayang, gizi, kesehatan, penghargaan, pengasuhan, rasa aman / perlindungan, partisipasi, stimulasi dan pendidikan ( asah, asih dan asuh ). Kebutuhan dasar tersebut harus dipenuhi sejak dini, bahkan sejak bayi berada dalam kandungan.(5) Untuk itulah dalam perkuliahan ini akan dibahas mengenai pemantauan tumbuh kembang neonatus terutama pada pertumbuhan fisik pada neonatus baik BB dan TB dengan menggunakan Denver Development Stress Test (DDST).
B.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu definisi pertumbuhan dan perkembangan?
2.      Bagaimana prinsip pertumbuhan dan perkembangan pada anak?
3.      Apa saja indikator yang harus kita ketahui pada pertumbuhan dan perkembangan? Jelaskan!
4.      Sebutkan dan Jelaskan tahap-tahap perkembangan dan pertumbuhan!
5.      Bagaimana cara mendeteksi perkembangan dan pertumbuhan pada anak?
6.      Sebutkan dan jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan!
C.     Tujuan
1.      Mahasiswa dapat memahami dan dapat menjelaskan serta membedakan pengertian atau definisi pertumbuhan dan perkembangan.
2.      Mahasiswa dapat menyebutkan dan menjelaskan prinsip pertumbuhan dan perkembangan pada anak.
3.      Mahasiswa dapat menyebutkan dan menjelaskan serta mengerti indikator pada masa pertumbuhan dan perkembangan
4.      Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaskan tahap-tahap perkembangan dan pertumbuhan pada anak
5.      Mahasiswa dapat menjelaskan cara mendeteksi dini mengenai perkembangan dan pertumbuhan pada anak
6.      Mahasiswa mampu menyebutkan dan menjelaska faktor-faktor apa aja yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan.



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Definisi Tumbuh Kembang
Pertumbuhan merupakan bertambah jumlah dan besarnya sel di seluruh bagian tubuh yang secara kuantitatif dapat diukur, sedangkan perkembangan merupakan bertambah sempurnanya fungsi alat tubuh yang dapat dicapai melalui kematangan dan belajar (Wong, 2000).
Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (cm,meter), umur tulang dan keseimbangan metabolik (retensi kalsium dan nitrogen tubuh); sedangkan perkembangan (development) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dan dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan.(Soetjiningsih. 1998 ).
Pertumbuhan adalah bertambah banyak dan besarnya sel seluruh bagian tubuh yang bersifat kuantitatif dan dapat diukur; sedangkan perkembangan adalah bertambah sempurnanya fungsi dari alat tubuh ( Depkes RI ).
B.     Prinsip Pertumbuhan dan Perkembangan
Secara umum pertumbuhan dan perkembangan memiliki beberapa prinsip dalam prosesnya. Prinsip tersebut dapat menentukan ciri atau pola dari pertumbuhan dan perkembangan setiap anak. Prinsip-prinsip tersebut antara lain adalah sebagi berikut  :
1.      Proses pertumbuhan dan perkembangan sangat bergantung pada aspek kematangan susunan syaraf pada manusia, di mana semakin sempurna atau kompleks kematangan saraf maka semakin sempurna pula proses pertumbuhan dan perkembangan yang terjadi dari proses konsepsi sampai dengan dewasa.
2.      Proses perkembangan dan pertumbuhan setiap individu adalah sama, yaitu mencapai proses kematangan, meskipun dalam proses pencapaian tersebut tidak memiliki kecepatan yang sama antara individu yang satu dengan yang lain.
3.      Proses pertumbuhan dan perkembangan memiliki pola khas yang dapat terjadi mulai dari kepala hingga ke seluruh bagian tubuh atau juga mulai dari kemampuan yang sederhana hingga mencapai kemampuan yang lebih kompleks sampai mencapai kesempurnaan dari tahap pertumbuhan dan perkembangan (Narendra, 2002).
C.     Indikator Perkembangan dan Pertumbuhan Anak
1.      Pertumbuhan pada anak
a.       Berat Badan
Pada masa pertumbuhan berat badan bayi dibagi menjdai dua yaitu usia 0-6 bulan dan usia 0-12 bulan. Untuk usia 0-6 bulan berat badan akan mengalami penambahan setiap seminggu sekita 140 -200 gram dan berat badannya akan menjadi dua kali berat badan lahir pada akhir bulan ke 6. Sedang kan pada usia 6-12 bulan terjadi penambahan setiap seminggu sekitar 40 gram dan pada akhir bulan ke 12 akan menjadi penambahan 3 kali lipat berat badan lahir.
Pada masa bermain, terjadi penambahan berat badan sekitar 4 kali lipat dari berat badan lahir pada usia kurang lebih 2,5 tahun serta penambahan berat badan setiap tahunnya adalah 2-3 kilogram. Pada masa pra sekolah dan sekolah akan terjadi penambahan berat badan setiap tahunya kurang lebih 2-3 kilogram.
b.      Tinggi badan
Pada usia 0-6 bulan bayi akan mengalami penambahan tinggi badan sekitar 2,5 cm setiap bulannya. Pada usia 6-12 bulan akan mengalami penambahan tinggi badan hanya sekitar 1,25 cm setiap bulannya.pada akhir tahun pertama akan meningkat kira-kira 50% dari tinggi badan waktu lahir. Pada masa bermain penambahan selama tahun ke 2 kurang lebih 12 cm sedangkan penambahan tahun ketiga rata-rata  4-6 cm. Pada masa pra sekolah, khususnya diakhir usia 4 tahun, terjadi penambahan rata-rata 2 kali lipat dari tinggi badan waktu lahir dan mengalami penambahan setiap tahunya kurang lebih 6-8 cm. Pada masa sekolah akan mengalami penambahan setiap tahunnya.setelah usia 6 tahun tinggi badan bertambah rata-rata 5 cm, kemudian pada usia 13 tahun bertambah lagi menjadi rata-rata 3 kali lipat dari tinggi badan waktu lahir.
c.       Lingkar Kepala
Pertumbuhan pada lingkar kepala ini terjadi dengan sangat cepat sekitar 6 bulan pertama, yaitu dari 35 -43 cm. Pada usia-usai selanjutnya pertumbuhan lingkar kepala mengalami perlambatan. Pada usia 1 tahun hanya mengalami pertumbuhan kurang lebih 46,5 cm. Pada usia 2 tahun mengalami pertumbuhan kurang lebih 49 cm, kemudian akan bertambah 1 cm sampai dengan usia tahun ke tiga bertambah lagi kurang lebih 5 cm sampai dengan usia remaja.
d.      Gigi
Pertumbuhan gigi pada masa tumbuh kembang banyak mengalami perubahan mulai dari pertumbuhan sampai penanggalan. Pertumbuhan gigi menjadi 2 bagian yaitu bagaian rahang atas dan bagian rahang bawah.
a.       Pertumbuhan gigi bagian rahang atas
·      Gigi insisi sentral pada usia 8-12 bulan
·      Gigi insisi lateral pada usia 9-13 bulan
·      Gigi taring atau kakinus paa usia 16-22 bulan
·      Molar pertama anak laki-laki pada usia 13-19 bulan
·      Molar pertama anak perempuan pada usia 14-18 bulan, sedangkan molar kedua pada usia 25-33 bulan
b.      Pertumbuhan gigi bagian rahang bawah
·      Gigi insisi sentral pada usia 6-1 bulan
·      Gigi insisi lateral pada usia 10-16 bulan
·      Gigi taring atau kakinus paa usia 17-23 bulan
·      Molar pertama anak laki-laki pada usia 14-18 bulan
·      Molar pertama anak perempuan pada usia 23-30-18 bulan
·      molar kedua pada usia 29-31 bulan
e.       Organ Penglihatan
Perkembangan organ penglihatan dapat dimuali pada saat lahir. Pada usia 1 bulan bayi memiliki perkembangan, yaitu adanya kemampuan melihat untuk mengikuti gerakan dalam rentang 90 derajat, dapat melihat orang secara terus menerus, dan kelenjar air mata sudah mulai berfungsi. Pada usia 2-3 bulan memiliki penglihatan perifer hingga 180 derajat. Pada usia 4-5 bulan kemampuan bayi untuk memfiksasi sudah mulai pada hambatan 1,25 cm, dapat mengenali botol susu, melihat tangan saat duduk atau berbaring, melihat bayangan di cermin, dan mampu mengakomodasi objek. Usia 5-7 bulan dapat menyesuaikan postur untuk melihat objek, mampu mengembangkan warna kesukaan kuning dan merah, menyukai rangsangan visual kompleks, serta mengembangkan koordinasi mata dan tangan. Pada usia 7-11 bulan mampu memfiksasi objek yang sangat kecil. Pada usia 11-12 bulan ketajaman penglihatan mendekati 20/20, dapat mengikuti objek yang dapat bergerak. Pada usia 12-14 bulan mampu mengidentifikasi bentuk geometrik. Pada usia 18-24 bulan mampu berakamodasi dengan baik.
f.       Organ Pendengaran
Sete;ah lahir, bayi sudah dapat berespons terhadap bunyi yang keras dan refleks. Pada usia 2-3 bulan mampu memalingkan kepala ke smping bila bunyi setinggi telinga. Pada usia 3-4 bulan anak memiliki kemampuan dalam melokalisasi bunyi dengan makin kuat dan mulai mampu membuat bunyi tiruan. Pada usia 6-8 bulan mampu berespons pada nama sendiri. Pada usia 10-12 bulan mampu mengenal beberapa kata dan artinya. Pada usia 18 bulan mulai dapat membedakan bunyi. Pada usia 36 bulan mampu membedakan bunyi yang halus dalam bicara. Pada usia 48 bulan mulai membedakan bunyi yang serupa dan mampu mendengarkan yang lebih halus.
g.      Organ Seksual
Pertumbuhan organ seksual laki-laki antara lain terjadinya pertumbuhan yang cepat pada penis pada usia 12-15 tahun, testis pada usia 11-15 tahun, kemudian rambut pubis pada usia 12-15 tahun. Perkembangan pubertas diawali dengan beberapa tahap sebagai berikut (Soetjiningsih, 1998).
·         Tahap I (Prapubertas)   : pada dasarnya sama dengan masa anak-anak, tidak terdapat rambut pubis
·         Tahap II (Pubertas)       : Masa Pubertas
·         Tahap III                      : Terjadi pembesaran penis awal terutama dalam panjang, testis dan skrotum terus membesar, serta rambut lebih lebat, kasar, keriting, dan merata pada seluruh pubis.
·         Tahap IV                      : Terjadi peningkatan ukuran penis denga pertumbuhan diameter, glans lebih besar dan lebih lebar, serta skrotum lebih gelap.
Perkembangan organ seksual perempuan antara lain terjadinya pertumbuhan payudara antara usia 10-15 tahun dan rambut pubis antara usia 11-14 tahun. Perkembangan payudara memiliki tahap-tahap sebagai berikut.
·         Tahap I : Tumbuhnya puting susu dengan area kecil, penonjolan disekitarpapila, dan terjadinya pembesaran diameter areola
·         Tahap II            : Pembesaran lanjut dari payudara dan areola tanpa pemisahan konturnya
·         Tahap III          : Terjadi proyeksi areola dan papila
·         Tahap IV          : Tahap konfigurasi dewasa pryoksi papila yang hanya disebabkan oleh resesi areola ke dalam kontur umum
Pertumbuhan rambut pubis memililiki tahap-tahap sebagai berikut (wong,1996).
·         Tahap I : Tidak terdapat rambut pubis
·         Tahap II            : Terjadi pertumbuhan rambut pubis yang jarang
·         Tahap III          : Rambut pubis lebih hitam, kasar, kriting dan merata pada seluruh pubis
·         Tahap IV          : Rambut pubis lebih lebat dan kriting
·         Tahap V            : Rambut pubis orang dewasa dalam penyebaran, baik kuantitas, jenis, maupun pola penyebaran kebagian dalam paha
2.      Perkembangan Pada Anak
a.       Perkembangan Motorik Halus
                                      i.            Masa neonatus (0-28 hari)
Perkembangan motorik halus pada masa ini dimulai dengan adanya kemampuan untuk mengikuti garis tengah bila kita memberikan respons terhadap gerakan jari atau tangan.
                                    ii.            Masa Bayi (28 hari-1 tahun)
a.       Usia 1-4 bulan
Perkembangan motorik halus pada usia ini adalah dapat melakukan hal-hal seperti memegang suatu objek, mengikuti objek dari sisi ke sisi, menvoba memegang dan memasukan benda kedalam mulut, memegang benda tapi terlepas, memerhatikan tangan dan kaki, memegang benda dengan kedua tangan, serta menahan benda ditangan walaupun hanya sebentar.
b.      Usia 4-8 bulan
Perkembangan motorik halus pada usia ini adalah sudah mulai mengamati benda, menggunakan ibu jari dan jari telunjuk untuk memegang, mengekplorasi benda yang sedang dipegang, mengambil objek dengan tangan tertangkup, mampu menahan kedua benda di kedua tangan secara simultan, menggunakan bahu dan tangan sebagai satu kesatuan, serta memindahkan objek dari satu tangan ketangan yang lain.
c.       Usia 8-12 bulan
Perkembangan motorik halus pada usia ini adalah mencari atau merainh benda kecil; bila diberi kubus mampu memindahkan, mengambil, memegang dengan telunjuk dan ibu jari, membenturkannya, serta meletakkan benda atau kubus ke tempatnya.
                                  iii.            Masa Anak (1-2 tahun)
Perkembangan motorik halus pada usia ini dapat ditunjukan dengan adanya kemampuan dalam mencoba, menyusun, atau membuat menara pada kubus.
                                  iv.            Masa Prasekolah
Perkembangan motorik halus dapat dilihat pada anak, yaitu mulai memiliki kemampuan menggoyangkan jari-jari kaki, menggambar dua atau tiga bagian, memilih garis yang lebih panjang dan menggambar orang, melepas objek dengan jari lurus, mampu menjepit benda, melambaikan tangan, menggunakan tanggannya untuk bermain, menempatkan objek kedalam wadah, makan sendiri, minum dari cangkir dengan bantuan, menggunakan sendok dengan bantuan, makan dengan jari, serta membuat coretan diatas kertas(wong,2000)
b.      Perkembangan Motorik Kasar
                                      i.            Masa Neonatus (0-28 hari)
Perkembangan motorik kasar yang dapat dicapai pada usia ini diawali dengan tanda gerakan seimbang pada tubuh dan mulai mengangkat kepala.
                                    ii.            Masa Bayi (28 hari-1 tahun)
a.       Usia 1-4 bulan
Perkembangan motorik kasar pada usia ini dimulai dengan kemampuan mengangkat kepala saat tegkurap, mencoba duduk sebentar dengan ditopang, mampu duduk dengan kepala tegak, jatuh terduduk dipangkuan ketika disokong pada posisi berdiri, kontrol kepala sempurna, mengangkat kepala sambil berbaring terlentang, berguling dari terlentang ke miring, kesisi lengan dan tungkai kurang fleksi, dan berusaha untuk merangkak.
b.      Usia 4-8 bulan
Usia perkembangan motorik kasar awal bulan ini dapat dilihat pada pertumbuhan dalam aktivitas, seperti posisi telungkup pada alas dan sudah mulai mengangkat kepala dengan melakukan gerakan menekan kedua tangannya. Pada bulan ke empat sudah mampu memalingkan kepala ke kanan dan kiri, duduk dengan kepala tegak, membalikan badan, bangkit dengan kepala tegak, menumpu beban pada kaki dengan lengan berayun kedepan dan kebelakang, berguling dari terlentang dan tengkurap, serta duduk dengan bantuan dalam waktu yang singkat.
c.       Usia 8-12 bulan
Perkembangan motorik kasar dapat diawali dengan duduk tanpa pegangan, berdiri dengan pegangan, bangkit lalu berdiri, berdiri 2 detik dan berdiri sendiri.
                                  iii.            Masa Anak (1-2 tahun)
Dalam perkembangan masa anak terjadi perkembangan motorik kasar secara signifikan. Pada masa ini anak sudah mampu melangkah dan berjalan dengan tegak. Sekitar usia 18 bulan anak mampu menaiki tangga dengan cara 1 tangan dipegang. Pada akhir tahun kedua sudah mampu berlari-lari kecil, menendang bola, dan mulai mencoba melompat.
                                  iv.            Masa Prasekolah
Perkembangan motorik kasar masa prasekolah ini dapat diawali dengan kemampuan untuk berdiri dengan satu kaki selama satu sampai lima detik, melompat dengan satu kaki, berjalan dengan tumit ke jari kaki, menjelajah, membuat posisi merangkak, dan berjalan dengan bantuan (wong, 2000).
c.       Perkembangan Bahasa
                                      i.            Masa Neonatus (0-28 hari)
Perkembangan bahasa masa neonatus ini dapat ditunjukan dengan adanya kemampuan bersuara (menangis) dan bereaksi terhadap suara atau bel.
                                    ii.            Masa Bayi (28 hari- 1 tahun)
a.       Usia 1-4 bulan
Perkembangan bahasa pada usia ini ditandai dengan adanya kemampuan bersuara dan tersenyum, mengucapkan huruf hidup, berceloteh, mengucapkan kata “oh/ah”, tertawa dan berteriak, mengoceh spontan, serta bereaksi dengan mengoceh.
b.      Usia 4-8 bulan
Perkembangan bahasa pada usia ini adalah dapat menirukan bunyi atau kata-kata, menoleh ke arah suara atau sumber bunyi, tertawa, menjerit, menggunakan vokalisasi semakin banyak, serta menggunakan kata yang terdiri atas dua suku kata dan dapat membuat dua bunyi vokal yang bersamaan seperi “ba-ba”.
c.       Usia 8-12 bulan
Perkembangan bahasa pada usia ini adalah mampu mengucapkan kata “papa” dan “mama” yang belom spesifik, mengoceh hingga mengatakannya secara spesifik, serta dapat mengucapkan satu samapai dua kata.
                                  iii.            Masa Anak (1-2 tahun)
Perkembangan bahasa masa anak ini adalah dicapainya kemampuan bahasa pada anak yang mulai ditandai dengan anak mampu memiliki sepuluh perbendaharaan kata; tingginyakemampuan meniru, mengenal, dan responsip terhadap orang lain; mampu menujukan dua gambar; mampu mengkombinasikan kata-kata; seta mulai mampu menunjukan lambaian anggota badan.
                                  iv.            Masa Prasekolah
Perkembangan bahasa diawali dengan adanya kemampuan menyebutkan hingga empat gambar; menyebutkan satu hingga dua warna; menyebutkan kegunaan benda; mengitung; mengartikan dua kata; mengerti empat kata depan; mengerti beberapa kata sifat dan jenis kata lainnya; menggunakan bunyi untuk mengidentifikasi objek, orang, dan aktivitas; menirukan berbagaibuny kata; memahami arti larangan; serta merespons panggilan orang dan anggota keluarga dekat.
d.      Perkembangan Prilaku atau adaptasi sosial
                                      i.            Masa Neonatus (0-28 hari)
Perkembangan adaptasi sosial atau prilaku masa neonatus ini dapat ditunjukan dengan adanyab tanda-tanda tersenyum dan mulai menatap muka untuk menegnali seseorang.
                                    ii.            Masa Bayi (28 hari-1 tahun)
a.       Usia 1-4 bulan
Perkembangan adaptasi sosial pada usia ini dapat diawali dengan kemampuan mengamati tangannya: tersenyum spontan dan membalas senyum bila di ajak tersenyum; mengenali ibunya dengan penglihatan, penciuman, pendengaran, dan kontak; tersenyum pda wajah manusia; waktu tidur dalam sehari lebih sedikit dari pada waktu terjaga; membentuk siklus tidur bangun; menangis bila terjadi sesuatu yang aneh; membedakan wajah-wajah yang dikenal dan tidak dikenal; senang menatap wajah-wajah yang dikenalnya; serta terdiam bila ada orang yang tak dikenal (asing).
b.      Usia 4-8 bulan
Perkembangan adaptasi sosial pada usia ini antara lain anak merasa takut dan terganggu dengan keberadaan orang asing, mulai bermain dengan mainan, mudah frustasi, serta memukul-mukul lengan dan kaki jika sedang kesal.
c.       Usia 8-12 bulan
Perkembangan adaptasi sosial pada usia ini dimulai dengan kemampuan bertepuk tangan, menyatakan keinginan, sudah mulai minum dengan cangkir, menirukan kegiatan orang, bermain bola atau lainnya dengan orang lain.
                                  iii.            Masa Anak (1-2 tahun)
Perkembangan adaptasi sosial masa anak dapat ditunjukan dengan adanya kemampuan membantu kegiatan dirumah, menyuapi boneka, mulai menggosok gigi serta mencoba mengenakan baju sendiri.
                                  iv.            Masa Prasekolah
Perkembangan adaptasi sosial pada masa prasekolah adalah adanya kemampuan bermain dengan permainan sederhana, menangis jika dimarahi, membuat permintaan sederhana dengan gaya tubuh, menunjukan peningkatan kecemasan terhadap perpisahan, serta mengenali anggota keluarga (wong, 2000).
D.    Tahap-Tahap Perkembangan dan Pertumbuhan
1.      Masa Prenatal
Masa prenatal terdiri atas dua fase, yaitu fase embrio dan fase fetus. Pada fase embrio, pertumbuhan dapat diawali mulai dari konsepsi hingga 8 minggu pertama yang dapat terjadi pertumbuhan yang cepat dari ovum menjadi suatu organisme dan terbentuknya manusia. Pada minggu ke-2, terjadi pembelahan sel dan pemisahan jaringan antara endoterm dan ektodrm. Pada minggu ke-3 terbentuk lapisan mesoderm. Pada masa ini sampai usia 7 minggu belum tampak adanya gerakan yang berarti melainkan hanya terdapat denyut jantung janin, yaitu sudah mulai dapat berdenyut sejak 4 minggu. Pada fase fetus terjadi sejak usia 9 minggu hingga kelahiran, sedangkan minggu ke-12 sampai ke-40 terjadi peningkatan fungsi organ, yaitu bertambahnya ukuran panjang dan berat badan terutama pertumbuhan serta penambahan jaringan subkutan dan jaringan otot.
2.      Masa Postnatal
a.       Masa Neonatus (0-28 hari)
Masa ini merupakan masa terjadinya kehidupan yang baru dalam ekstrauteri, yaitu adanya proses adaptasi semua sistem organ tubuh. Proses adaptasi dari organ tersebut dimulai dari aktifitas pernapasan yang disertai pertukaran gas dengan frekuensi pernapasan antara 35-50 kali permenit, penyesuaian denyut jantung antara 120-160 kali per menit dengan ukuran jantung lebih besar apabila dibandingkan dengan rongga dada. Perubahan selanjutnya sudah dimulai proses pengeluaran tinja yang terjadi dalam waktu 24 jam yang didalamnya terdapat mekonium. Hal tersebut akan dilanjutkan dengan proses defekasi, seperti pada proses ekskresi dari apa yang dimakan (ASI). Frekuensi defekasi tersebut dapat berkisar antara 3-5 kali seminggu (bergantung pada kondisi bayi dan susu yang dikonsumsi, apakah ASI ataukah susu formula).
   Perubahan pada fungsi organ yang lainnya adalah ginjal yang belum sempurna, urine masih mengandung sedikit protein dan pada minggu pertama akan dijumpai urine berwarna merah muda karena banyak mengandung senyawa urat. Keadaan fungsi hati pun masih relatif imatur dalam memproduksi faktor pembekuan, sebab belum terbentuknya usus yang akan berperan dalam absorpsi vitamin K dan imunologi untuk kekebalan bayi.
b.      Masa Bayi
Masa bayi ini dibagi menjadi dua tahap perkembangan. Tahap pertama (antara usia 1-12 bulan) yaitu pertumbuhan dan perkembangan pada masa ini dapat berlangsung secara terus menerus, khususnya dalam peningkatan susunan saraf. Tahap kedua (usia 1-2 tahun) yaitu kecepatan pertumbuhan pada masa ini mulai menurun dan terdapat percepatan pada perkembangan motorik
c.       Masa Prasekolah
Perkembangan pada masa ini dapat berlangsung stabil dan masih terjadi peningkatan pertumbuhan serta perkembangan, khususnya pada aktifitas fisik dan kemampuan kognitif.
d.      Masa Sekolah
Perkembangan masa sekolah ini lebih cepat dalam kemampuan fisik dan kognitif dibandingkan dengan masa prasekolah.
e.       Masa Remaja
Pada tahap perkembangan remaja terjadi perbedaan pada perempuan dan laki-laki. Pada umumnya wanita 2 tahun lebih cepat untuk masuk ke dalam tahap remaja atau masa pubertas bila dibandingkan dengan anak laki-laki dan perkembangan ini ditunjukan pada perkembangan pubertas.
E.     Cara Mendeteksi Perkembangan Pada Anak
1.      DDST (Denver development screnning test)
DDST adalah satu dari metode skrining terhadap kelainan perkembangan anak, test sini bukanlah test diagnostik atau test IQ. DDST memenuhi semua persyaratan yang diperlukan untuk metode skrining yang baik. Tes ini mudah dan cepat (15-20 menit), dapat diandalkam dan menunjukan validitas yang tinggi. Dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan ternyata DDST secara efektif dapat mengidentifikasikan antara 85-100% bayi dan anak-anak prasekolah yang mengalami keterlambatan perkembangan, dan pada “follow up” selanjutnya ternyata 89% dari kelompok DDST abnormal mengalami kegagalan disekolah 5-6 tahun kemudian.
2.      KPSP (Kuesioner Pra Skrining Perkembangan
KPSP merupakan suatu daftar pertanyaan singkat yang ditujukan pada orang tua dan dipergunakan sebagai alat untuk melakukan skrining pendahuluan untuk perkembangan anak usia 3 bulan sampai 6 tahun. Daftar pertanyaan tersebut berjumlah 10 nomor yang harus dijawab oleh orang tuaatau pengasuh yang mengetahui keadaan perkembangan anak.
Pertanyaan dalam KPSP dikelompokan sesuai usia anak saat dilakukan pemeriksaan, mulai kelompok usia 3 bulan, 3-6 bulan,dst sampai kelompok 5-6 tahun. Untuk usia ditetapkan menurut tahun dan bulan dengan kelebihan 16 hri dibulatkan menjadi 1 bulan.
Pertanyaan dalam KPSP harus dijawab dengan ’ya’ atau ’tidak’ oleh orang tua. Setelah semua pertanyaan dijawab, selanjutnya hasil KPSP dinilai.
a.       Apabila jawaban ’ya’ berjumlah 9-10, berarti anak tersebut normal (perkembangan baik)
b.      Apabila jawaban ’ya’ kurang dari 9,maka perlu diteliti lebih lanjut mengenai;
·         Apakah cara menghitung usia dan kelompok pertanyaannya sudah sesuai
·         Kesesuaian jawaban orang tua dengan maksud pertanyaan. Apabila ada kesalahan, maka pemeriksaan harus diulang
·         Apabila setelah diteliti jawaban ’ya’ berjumlah 7-8, berarti hasilnya meragukan dan perlu diperiksa ulang1 minggu kemudian
·         Apabila jawaban ’ya’ berjumlah 6 atau kurang, berarti hasilnya kurang atau positif untuk perlu dirujuk guna pemeriksaan lebih lanjut
3.      KPAP ( Kuesioner Perilaku Anak Pra Sekolah
KPAP adalah sekumpulan perilaku yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi secara dini kelainan-kelainan perilaku pada anak prasekolah (usia 3-6) tahun. Kuesioner ini berisi 30 perilaku yang perlu ditanyakan satu per satu pada orang tua. Setiap perilaku perlu ditanyakan apakah ‘sering terdapat’, ‘ kadang-kadang terdapat’, atau ‘ tidak terdapat’. Apabila jawaban yang diperoleh adalah ‘sering terdapat’ , maka jawaban tersebut dinilai 2, ‘kadang-kadang terdapat’ diberi nilai 1 dan ‘tidak terdapat’ diberi nilai 0. Apabila jumlah nilai keseluruhan kurang dari 11, maka anak perlu di rujuk, sedangkan jika jumlah nilai 11 atau lebih maka anak tidak perlu dirujuk.
4.      Tes Daya Lihat dan tes Kesehataan Mata Anak Pra Sekolah
Tes ini untuk memeriksa ketajaman daya lihat serta kelainan mata pada anak berusia 3- 6 tahun. Tes ini juga digunakan untuk mendeteksi adanya kelainan daya lihat pada anak usia prasekolah secara dini, sehingga jika ada penyimpangan dapat segera ditangani.
Untuk melakukan tes daya lihat diperlukan ruangan dengan penyinaran yang baik dan alat ’kartu E’ yang digantungkan setinggi anak duduk. Kartu E berisi 4 baris. Baris pertama huruf E berukuran paling besar kemudian berasngsur-angsur mengecil pada baris keempat. Apabila pada baris ketiga , anak tidak dapat melihat maka perlu di rujuk.
Selain tes daya lihat, anak juga perlu diperiksakan kesehatan matanya. Perlu ditanyakan ;
1.      keluhan seperti mata gatal, panas, penglihatan kabur atau pusing
2.      perilaku seperti sering menggosok mata, membaca terlalu dekat, sering mengkedip-kedipkan mata
3.      kelainan mata seperti bercak bitot, juling, mata merah dan keluar air
Apabila ditemukan satu kelainan atau lebih pada mata naka, maka anak tersebut perlu dirujuk
5.      Tes Daya Dengar Anak (TTD)
Tes daya dengar berupa pertanyaan-pertanyaan yang disesuaikan denga usia anak, yaitu kelompok 0-6 bulan, > 16 bulan, > 9 bulan, > 11 bulan, > 12 bulan, > 24 bulan dan > 36 bulan. Setiap pertanyaan perlu dijawab ’ya’ atau ’tidak’. Apabila jawabannya adalah tidak maka pendengaran anak tidak normal sehingga perlu pemeriksaan lebih lanjut.
F.      Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang
1.      Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan merupakan faktor yang memegang peranan penting dalam menentukan tercapai dan tidaknya potensi yang sudah dimiliki. Faktor lingkungan ini dapat meliputi lingkungan prenatal (lingkungan dalam kandungan) dan lingkungan postnatal (lingkungan setelah bayi lahir).
a.       Lingkungan Prenatal
Ligkungan prenatal merupakan lingkungan dalam kandungan, mulai dari konsepsi sampai lahir yang meliputi gizi pada waktu ibu hamil, lingkungan mekanis, zat kimia atau toksin, dan hormonal.
                                            i.         Lingkungan mekanis
Lingkungan mekanis adalah segala hal yang memengaruhi janin atau posisi janin dalam uterus.
·         Radiasi dapat menyebabkan kerusakan pada organ otak janin
·         Infeksi dalam kandungan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin
·         Kekurangan oksigen pada janin mengakibatkan gangguan dalam plasenta sehingga kemungkinan bayi lahir dengan berat badan kurang atau sering disebut dengan BBLR
·         Faktor imunitas dapat memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan janin karena menyebabkan terjadinya abortus atau karena ikterus
·         Stres dapat memengaruhi kegagalan tumbuh kembang janin
                                       ii.            Zat kimia atau toksin
Hal ini berkaitan dengan penggunaan obat-obatan, alkohol, atau kebiasaan merokok pada ibu hamil. Obat-obatan pada ibu hamil.
                                     iii.            Hormonal
Hormon-hormon ini mencakup hormon sometotrofin, flasenta, tiroid, dan insulin.
Peran hormon somatotrofin atau hormon pertumbuhan, yaitu disekresikan k meningkat kelenjar hipofisis janin sekitar minggu kesembilan dan produksinya meningkat pada minggu ke dua puluh.Hormon tersebut berperan dalam mempengaruhi pertumbuhan tinggi badan dengan menstimulasi terjadinya proliferasi sel kartilago dan sistem skeletal.Hormon yang kedua yang mempengaruhi yaitu hormon plasenta atau human plasental laktogen yaitu berperan dalam nutrisi plasenta pada bayi.Hormon selanjutnya yaitu hormon tiroid berperan menstimulasi metabolisme tubuh. Hormon yang terakhir yang mempengaruhi tumbuh kembang anak yaitu hormon glukokortikoid yaitu mempunyai fungsi menstimulasi pertumbuhan sel interstisial dari testis (untuk memproduksi hormon testoteron dan ovarium) selanjutnya hormon tersebut akan menstimulasi perkembangan seks baik pada anak laki-laki maupun perempuan yang sesuai dengan peran hormonya (wong,2000).
2.      Faktor Herediter(genetik)
Faktor Herediter merupakan faktor yang dapat diturunkan sebagai dasar dalam mencapai tumbuh kembang  anak disamping faktor-faktor lain. Faktor Herediter merupakan bawaan, jenis kelamin, ras, dan suku bangsa. Faktor ini dapat ditentukan dengan intensitas kecepatan dalam pembelahan sel telur, tingkat sensitifitas jaringan terhadap rangsangan, usia pubertas, dan berhentinya pertumbuhan tulang.
Pertumbuhan dan perkembangan dengan jenis kelamin laki-laki setelah lahir akan cenderung lebih cepat dibandingkan dengan anak perempuan serta akan bertahan sampai usia tertentu. Baik anak laki-laki maupun anak perempuan akan mengalami pertumbuhan yang lebih cepat ketika mereka mencapai masa pubertas.
Ras atau suku bangsa memiliki peran dalam mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, hal ini dapat dilihat pada suku bangsa tertentu yang memiliki kecenderungan lebih besar seperti orang asia lebih pedek dan kecil dibandingkan dengan eropa dan yang lainnya.



BAB III
PENUTUP
Istilah tumbuh kembang sebenarnya mencakup 2 peristiwa yang sifatnya berbeda, tetapi saling berkaitan dan sulit di pisahkan, yaitu pertumbuhan dan perkembangan. Sedangakan pengertian mengenai apa yang di maksud dengan pertumbuhan dan perkembangan per definisi adalah sebagai berikut :
1.      Pertumbuhan (growth) berkaitan dengan masalah perubahan dalam besar, jumlah, ukuran atau dimensi tingkat sel, organ maupun individu, yang bisa diukur dengan ukuran berat (gram, pound, kilogram), ukuran panjang (cm,meter), umur tulang dan keseimbangan metabolik (retensi kalsium dan nitrogen tubuh)
2.      Perkembangan (development) adalah bertambahnya kemampuan (skill) dalam struktur dan fungsi tubuh yang lebih kompleks dalam pola yang teratur dapat diramalkan, sebagai hasil dari proses pematangan. Disini menyangkut adanya proses diferensiasi dari sel-sel tubuh, jaringan tubuh, organ-organ dan sistem organ yang berkembang sedemikian rupa sehingga masing-maing dapat memenuhi fungsinya. Termasuk juga pekembangan emosi, intlektual dan tingkah laku sebagai hasil inteaksi dengan lingkungannya.
Sehingga dapat disimbulkan bahwa pertumuhan mempunyai dampak terhadap aspek fisik, sedangakn perkembangan berkaitan dengan pematangan fungsi organ/individu. Walaupun demikian, kedua peristiwa itu terjadi secara sinkron pada setiap individu.
Sedangkan untuk tercapainya tumbuh kembang yang optimal tergantung pada potensi biologiknya. Tingkat tercapainya potensi biologik seseorang, merupakan hasil interaksi berbagai faktor yang saling berkaitan, yaitu faktor genetik, lingkungan fisio-psiko-sosial dan perilaku. Proses yang unik dan hasil akhir yang ber beda-beda yang memberikan ciri tersendiri pada setiap anak.
Tujuan Ilmu Tumbuh Kembang adalah mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan segala upaya untuk menjaga dan mengoptimalkan tumbuh kembang anak baik,fisik,mental dan sosial. Juga menegakan diagnosis dini setiap kelainan tumbuh kembang dan kemungkinan penanganan yang efektif, serta mencari penyebab dan mencegah keadaan tersebut.


DAFTAR PUSTAKA

1.      Hidayat, A. Aziz Alimul. 2008. Ilmu Kesehatan Anak untuk Pendidikan Kebidanan. Jakarta; Salemba Mesika. Hal : 8-23
2.      Rukiyah, Ai Yeyeh.2010. Asuhan Neonatus, Bayi dan Anak Balita. Jakarta; Trans Info Media. Hal : 106-123

3.      Soetjiningsing, dr. 1995. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta; EGC. Hal:  1-13

Tidak ada komentar: